Kenapa Bentuk Molekul H2O Bengkok???

Seorang siswa bertanya pada gurunya tentang molekul air. Semua orang tahu kalau air mempunyai rumus molekul H­2O, ada dua group domain, tetapi mengapa bentuk molekulnya bengkok (bentuk V)?

Sang guru berfikir keras. Secara ilmiah sih, gampang, batin guru itu.

Sebenarnya, dalam molekul H2O ada tiga group domain, O sebagai pusatnya, dua H di sisi kanan dan kiri, dan di atas kepala O ada pasangan electron bebas. Oleh karena ada pasangan electron bebas itu, maka si H yang ada di samping kanan dan kirinya ditolak sehingga menjauh. Itulah sebabnya bentuk molekulnya nggak lurus (linier). Di dalam air, molekul H2O tidak sendirian, tapi ditemani oleh banyak H2O lainnya. Si H dari satu molekul juga ditarik oelah O dari molekul lain yang disebut ikatan Hidrogen, makanya bentuk H2O bengkok.

Itu yang ada di benak si guru. Mereka bisa mengerti tidak ya?? Kalau dikasih penjelasan seperti itu?? Tak berapa lama, si guru pun mendapatkan ide.

“Dino, Bapak tau kamu suka sama Risma, kan?” ujar Pak Guru setelah berpikir beberapa detik.

Dino merengut malu.

“Kamu tahu, kalau ternyata Dimas juga suka sama Risma,” lanjut Pak Guru.” Cuma sayangnya Risma sudah pacaran dengan Nino. Kalian kan, gak mungkin deketin Risma lagi, kalian pasti menjauh, ya kan??? Belum lagi Dinda ternyata suka sama kamu, dan Alina suka sama Dimas. Nah, kalianpun akhirnya menyukai cewek-cewek itu juga. Jadinya, kalian makin menjauh dari Risma.

Begitulah yang terjadi pada rumus molekul H2O sehingga bentuk molekulnya berbentuk V, jadi pacarnya Risma- si pasangan electron bebas- punya pengaruh yang membuat cowok-cowok lainnya menjauh.”

Hoooooo….begitu toh pak……